30 Juli 2007

Indon Loe -inspired by drian-

post yang sebenere punya drian. tapi entah kenapa.... saya kok merasa penting saja buat repost di site saya. kebetulan, saya punya berbagai macam jenis teman...

Apa itu Indon? Indon adalah kata yang digunakan oleh orang Malaysia untuk memanggil orang Indonesia. Kata Indon ini pernah digunakan di sebuah pers Australia. Entahlah cuma karena kesalahan ketik, atau... mereka benar benar bermaksud memanggil Indon?

Untuk beberapa orang, kata Indon ini dianggap sangatlah ofensif. Wow.. saya sendiri bingung. Rasis kah kata Indon? Dosa kah kata Indon? Kenapa Indon? haha Tunggu, sebelum kita ke kata "Indon" mari kita bahas kata kata yang lainnya dulu.

Sama halnya dengan kata Nigger di Amerika. Kalau kata itu ditujukan kepada orang hitam maka orang itu menjadi rasis, mereka lebih memilih untuk disebut "Black Man" atau "Nigeria", atau "African American". Tapi anehnya, sesama mereka boleh menyebut "N" word ini. Ini karena sebuah sejarah dulu, dimana budak budak dipanggil nigger (tolong diberi pencerahan) Dari situlah maka kata "nigger" dianggap merendahkan martabat mereka, karena nigger = budak. I hope that makes sense, dan ini juga hanya sepengetahuan saya.

Kenapa orang Madura tersinggung dipanggil Madura? Kenapa orang Cina tersinggung dipanggil Cina. Kenapa orang Jawa tersinggung disebut Jawa? Kita merasa tersinggung karena kita merasa bahwa kata itu ada arti negatifnya. Walaupun yang menggunakan kata itu gak bermaksud negatif.

Kalau gak disebut Jawa, disebut apa? "orang yang disebelah pulau Bali"? Sejauh ini saya gak tau kenapa orang tersinggung dipanggil Indon.

Apa karena ada hubungannya dengan TKI di Malaysia yang diperkosa, dipukul dan diperlakukan tidak manusiawi yang menyebabkan kata Indon ini menjadi dosa? Untuk anak anak Malaysia, bisa sedikit memberi pencerahan?

Mungkin kasus ini hampir sama dengan kasus di Afrika Selatan, dimana orang Negro sebagai bangsa pribumi dan orang kulit putih sebagai Non-Pribumi. Pada tahun 1960-an, ada sebuah hukum apartheid yang digunakan untuk mengatur system ekonomi dan system sosial masyarakat. Lalu singkat cerita Nelson Mandela menang dalam perjuangan untuk hak hak mereka, agar tidak didiskriminasikan lagi, dan tidak dianggap sebagai "manusia kelas dua". Yang mereka minta cukup simple, agar mereka dihormati sama seperti orang berkulit putih, bukannya menghapus kata "Negro".

Indon Loe!

Tidak ada komentar: