29 April 2007

Virus Lokal Makin Menggila

akhir-akhir ni, banyak temen datang buat sembuhin kompienya ke saya dari pirus. wadooh, pakar bukan, dukun bukan, suruh sembuhin.

dan, kebanyakan ternyata virus lokal, yang beroperasi seperti brontok beberapa bulan/tahun lalu, dengan modifikasi sana-sini. gak bisa lebih kreatif tuh pirus???

modusnya kebanyakan sama. bikin exe, dengan ganti ikon seperti folder. dengan menggunakan vibe (visual basic) hm... ternyata banyak yang pengen kondang di negeri ini. sampai virus baru bermunculan tiap hari. bahakan ada workshop bikin pirus. uedian. apa sih maunya mereka.

perangi virus! kirim samplenya ke clamAV (antivirus gratis yang open source, sangat welcome n team nya memperlakukan seperti pren bahkan buat pemula seperti saya) sementara itu yang bisa tak lakukan. itung itung membantu sesama heuheuheu.

anyway ini dia beberapa antivirii lokal yang cukup terpercaya:

  • clamAV, ada juga versi windowsnya, meskipun mainstreamnya buat nix family
  • clamWin, perkembangan dari clamAV, untuk versi windows. versi portabel untuk dipasang di flashdisk, ada disini (berguna untuk dibawa kemana-mana)
  • PCMAV, dapat di dapat di tiap penerbitan Majalah PC MEDIA, atau bisa di download di blognya maseko
  • An's Antivirus, rata-rata di update tiap tanggal 20. juga sangat ampuh untuk membasmi virus lokal, terutama yang ada di jogja. (di kota lain tidak tahu seh, heheheheh)
apalagi yah? kayaknya udah. happy bersih-bersih virus...

Tidak ada komentar: